Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Romi Dampingi Pangdam II Sriwijaya Giat Penanaman Mangrove Nasional Serentak se-Indonesia

Kamis, 18 Mei 2023 | Kamis, Mei 18, 2023 WIB Last Updated 2023-05-18T03:56:27Z



The Jambi Times, MUARASABAK  |  Bupati Tanjung Jabung Timur, Romi Hariyanto sambut kedatangan Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI Hilman Hadi, di Desa Lamburluar, Kecamatan Muarasabak Timur, Senin (15/5).

Kunjungan jenderal bintang dua ini ke Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung dalam rangka penanaman pohon mangrove nasional secara serentak se-Indonesia. 

Selain  Kabupaten Tanjab Timur, kegiatan yang sama juga serentak dilaksanakan di Ibu Kota Negara, yang dipimpin langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Bupati Romi dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasihnya atas program tersebut yang dilaksanakan di wilayahnya.

"Selamat datang untuk bapak Panglima beserta rombongan, di kabupaten kami. Ini lah kami masyarakat Tanjung Jabung Timur Timur, meski dengan segala kekurangan dan keterbatasan, tapi kami memiliki kelebihan, yakni semangat untuk maju dan mengejar segala ketertinggalan yang ada," ujar Romi

Bupati Romi Hariyanyo menyebutkan, dirinya bersama Pemerintah Kabupaten  Tanjung Jabung  Timur sangat konsen dan terus berupaya melestarikan kawasan mangrove yang ada di salah satu wilayah pesisir Provinsi Jambi ini.

Atas dedikasi itu, Romi Hariyanto juga resmi menerima Ramsar’s Award dari Konvensi Ramsar yang tahun 2023 di Jenewa Swiss, karena telah berhasil mengintegrasikan manajemen konservasi dan keberlanjutan lahan basah di wilayahnya.

"Untuk itu saya berharap, kegiatan penanaman mangrove seperti yang akan kita lakukan sesaat lagi, jangan hanya sebatas seremonial saja. Akan tetapi bisa berkelanjutan, dengan program perawatan dan pengawasan, sampai pohon mangrove ini bisa tumbuh besar," harapnya

Sementara itu, Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI Hilman Hadi, saat diwawancarai usai kegiatan ini menuturkan, sebenarnya kegiatan kali ini hanya simbolis saja. Sebab, proses penanaman ribuan bibit mangrove di wilayah Kodam II Sriwijaya sudah dilaksanakan sejak tiga bulan yang lalu.

"Ada sekitar 38 ribu lebih bibit pohon mangrove yang kita siapkan. Dan salah satu lokasi penanaman bibit pohon dalam program ini kita lakukan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi ini," paparnya

Pangdam juga menegaskan, program selanjutnya dan berkelanjutan terkait ekosistem mangrove ini akan terus dilaksanakan, sesuai arahan dari Presiden RI, Joko Widodo.

"Kami juga berharap, partisipasi masyarakat yang selama ini telah merawat dan menjaga ekosistem mangrove, mari terus kita lanjutkan. Dan juga, masyarakat jangan sungkan melaporkan ke kita jika ada kendala ada permasalahan terkait kondisi mangrove di wilayahnya, itu akan segera kami respon," tegasnya. 

Untuk diketahui, selain dihadiri oleh Pangdam II Sriwijaya dan Bupati Tanjung JabungTimur, dalam kegiatan ini juga tampak hadir Gubernur Jambi, Al Haris, Danrem 042/Gapu, Brigjen TNI Supriono, Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono, pejabat utama di jajaran Kodam II Sriwijaya dan Korem 042/Gapu, serta kepala OPD dan unsur Forkopimda Kabupaten Tanjung Jabung Timur.
×
Berita Terbaru Update