Notification

×

Iklan

Iklan

Gubernur Beri Sambutan, Zainul Abidin: LPSE Belum Kuasai Juknis Transaksi Khusus Perusahaan Pers

Jumat, 14 April 2023 | Jumat, April 14, 2023 WIB Last Updated 2023-04-13T23:05:22Z


(Keterangan foto: Perwakilan The Jambi Times/Zainul Abidin)



The Jambi Times,  JAMBI | Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH menyampaikan, media punya peran besar mengangkat perkembangan pembangunan suatu daerah serta isu-isu yang penting sebagai pendidikan bagi masyarakat. 

Demikian disampaikan Gubernur Jambi Al Haris saat menghadiri Rapat Koordinasi Komunikasi Publik Tahun 2023, bertempat di Sky café Lantai 3, Hotel Wiltop Kota Jambi, Kamis, (13/04/2023). Adapun Tema dalam acara ini adalah membangun Pola Kemitraan antara Pemerintah Daerah dan Pers dalam Penyebarluasan Informasi Publik. Dan dihadiri sebanyak  200 wartawan dari media online, TV, Radio, dan Koran.

"Alhamdulillah pada sore hari ini kita bisa hadir bersama-sama seperti tahun-tahun sebelumnya kita diskusi bersama koordinasi komunikasi publik. Kemudian juga ada silaturahmi dan buka puasa bersama antara penyelenggara Pemerintahan Provinsi Jambi dengan seluruh media yang tadinya ini akan kami lakukan di rumah dinas Gubernur.

(Keterangan foto:dari kiri kadis Kominfo Provinsi Jambi/ ditengah Gubernur Jambidan Staf Ahli)


"Kemitraan yang terbangun selama ini antara pemerintah dengan media cukup baik sekali meski ada dinamika berkembang itu biasa. Yang namanya proses pembangunan itu biasa, yang namanya proses pasti ada dinamikanya. Tentu itu semua  ada proses ya, dari arah mana saja, yang pasti teman-teman media sudah memerankan perannya dengan baik sesuai dengan undang-undang," kata Al Haris.

Al Haris sangat memahami bahwa profesi sebagai wartawan banyak suka dukanya, karena mengenali semua kalangan mulai dari masyarakat bawah sampai ke pejabat dan setaranya. "Wartawan itu sebenarnya enak, bisa mengenali semua orang, mulai orang-orang yang paling bawah sampai orang yang paling atas itu ketemu semuanya bisa dijadikan teman dan mitra kerja. 

Dukanya, ada pejabat yang alergi dengan pemberitaan, ada pejabat yang tidak suka ditemui, ada pejabat yang antipatif, yang kurang, yang mungkin melihat media itu sesuatu yang mungkin negatif dan sebagainya. Ada yang mau ketemu, ada yang susah, inilah suka dukanya," ujar Al Haris.

“Banyak orang sukses dari wartawan, sebelum terjun kedunia lain dulu berkerja dimedia, bertemu dengan banyak orang dengan banyak kehidupan-kehidupan dari orang yang miskin sampai orang kaya.  Itu semua  menjadi sebuah modal yang paling penting untuk menjadi sukses,” tambah Al Haris.

Zainul Abidin Perwakilan dari media The Jambi Times ikut bertanya soal diberlakukan nya sistem  penerapan digitalisasi  barang dan jasa dalam proses pencairan media mengunakan elektronik berupa aplikasi E-Katalog, Partojambe dan lainya.

The Jambi Times sudah memiliki akun LPSE-E-Katalog (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) dari  Lembaga Kebijakan  Pengadaan barang/jasa  Pemerintah (LKPP) dan Partojambe.

Namun  penjelasan dua narasumber dari LPSE Provinsi Jambi di kritisi oleh Zainul soal tidak sinkronnya keterangan narasumber mengenai penggunaan aplikasi E-Katalog dengan juknis khusus Perusahaan Pers . 

Zainul mengatakan transaksi mengunakan E-Katalog sangat berbeda antara Perusahaan Pers dengan perusahaan lain. 

Dengan adanya perbedaan tersebut, dua narasumber ini tidak bisa menjawab dan pertanyaan dari The Jambi Times pun ditunda dan akan dibahas di kemudian hari.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jambi Ariansyah  menyampaikan, sesuai dengan undang undang no 23 tahun 2014 tentang pemberitaan daerah, meningkatkan daya saing daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pemerintah daerah wajib mengumumkan informasi pelayanan publik sebagaimana dimaksud, kepada media yang dapat diakses oleh masyarakat luas. (Sapra Wintani/ Redaksi)
×
Berita Terbaru Update