Notification

×

Iklan

Iklan

Pj BupatiResmikan Gebyar Pos Yandu

Rabu, 15 Maret 2023 | Rabu, Maret 15, 2023 WIB Last Updated 2023-03-15T14:19:13Z



The Jambi Times,  SENGETI  | PJ Bupati Bachyuni Deliansyah SH.MH secara resmi membuka Gebyar Pos Yandu di kabupaten Muaro jambi, Posyandu  kabupaten Muaro jambi melaksanakan gebyar pos yandu, dengan slogan melalui gebyar posyandu mari kita tingkatkan peran posyandu dalam percepatan penurunan stunting kabupaten Muaro jambi 2023.

Bertempat di lapangan desa pondok meja kecamatan mestong rabu (15/03/23), sempat hadir dalam acara tersebut Ketua tim PKK provinsi jambi, Esnidar al-haris ,PJ Bupati Muaro jambi Bachyuni Deliansyah, sekda budhi hartono, wakil DPRD Muaro jambi, A. Haikal, pabung,kepala OPD dilingkungan pemerintah kabupaten Muaro jambi. 

Faradilah bachyuni ketua tim pengarah PKK kabupaten Muaro jambi saat kata sambutanya menuturkan, 

Dalam percepatan penurunan stunting di Kabupaten Muaro Jambi , tujuan  dilaksanakannya Gebyar Posyandu Kabupaten Muara Jambi tahun 2023 ini adalah yang pertama Memberikan motivasi kepada seluruh kader Posyandu yang ada di Kabupaten Muaro Jambi agar meningkatkan kualitas pelayanan posyandu ,kedua melalui gebyar Posyandu diharapkan agar masyarakat memperhatikan kesehatan ,"bebernya.

"ibu hamil dan balita dengan rutin membawa ke Posyandu,ketiga mensosialisasikan standar pelayanan Posyandu dalam menurunkan angka stunting melalui penyuluhan gizi bagi ibu hamil balita dan ibu menyusui waktu dan tempat pelaksanaan waktu dan tempat  Gebyar Posyandu Kabupaten Muaro Jambi tahun 2023 dilaksanakan selama satu hari yaitu pada hari Rabu tanggal 15 Maret 2023 bertempat di lapangan desa Pondok meja Kecamatan mestong, "tuturnya.

Lanjutnya peserta bagian Posyandu Kabupaten Muaro Jambi tahun anggaran 2023 berjumlah 1000 orang yang terdiri atas yang pertama satu tim penggerak PKK Kabupaten meliputi unsur pimpinan dan anggota yang kedua para Camat selingkup Kabupaten Muaro Jambi ,yang ketiga tim penggerak PKK Kecamatan Muaro Jambi, yang keempat seluruh ketua tim penggerak PKK desa dan kelurahan ,yang kelima adalah seluruh ketua kader Posyandu se-kabupaten Muaro Jambi pembiayaan  penyelenggaraan Posyandu Muaro Jambi ini bersumber dari dokumen pelaksanaan Anggaran Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) sekretariat pemerintah kabupaten Muaro jambi   dan desa di Kabupaten Muaro Jambi tahun anggaran 2023,"pungkasnya.

Diucapkan Terima kasih Pada tim penggerak PKK Kabupaten Muaro Jambi dan bantuan dari forum CSR Kabupaten Muaro Jambi,atas segala pertisipasinya "tutupnya.

Pj Bupati Bacyuni Deliansyah dalam sambutanya menyampaikan, gubernur dan hadirin sekalian serta seluruh kader PKK yang saya hormati dan saya banggakan Tahun 2023 ibu dapat saya sampaikan bahwa Kabupaten Muara Jambi angka stunting di Muaro Jambi ada 27,2 Persen. "Itu atas stunting yang dirilis Tahun 2022 dengan semangat bersama-sama antara pemerintah dengan seluruh kader yang hadir pada hari ini,dapat di sampaikan bahwa angka stunting turun dari 27,2% menjadi 18,2%, " Bebernya. 

ini semua  berkat dukungan kader-kader PKK yang ada di Kabupaten Muaro Jambi ,Kenapa dilaksanakan dimestong pada hari ini, karena dari 11 kabupaten yang ada mestong, ini termasuk tertingginya dari 500 anak di sini ada sekitar 92 yang tadinya 722 anak sekarang tinggal 500 anak jadi perlahan tapi  pasti sesuai dengan moto kami muaro Jambi bergerak mantap,"sebutnya.

Insya Allah kami bisa mencapai sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat ,mengingatkan kepada seluruh hadir yang pada hari ini khususnya kepada camat untuk dapat memetakan terkait angkatan yang ada di kecamatannya masing-masing, jadi saya minta kepada camat yang hadir pada hari ini untuk bisa memetakan Berapa jumlah stunting yang ada di kecamatan yang ada di desa, "imbuhnya.

Berapa jumlahnya pada hari ini nanti 2 bulan ke depan  harus melaporkan kepada pemerintah Provinsi Jambi, berapa angka penurunan sehingga nanti sesuai dengan arahan pemerintah pusat bahwa angkatan tinggi 2024 itu harus mencapai 14 persen, itu sesuai dengan keinginan kita semua , juga mengingatkan kepada kelompok sasaran Posyandu yang masih rendah kader kesehatannya agar segala selalu berkoordinasi dengan Puskesmas yang ada terdekat di Posyandu sehingga nanti tumbuh kembang anak dapat dilakukan pencegahan secara serentak secara Dini sehingga nanti pertumbuhan stuntingnya dapat kita turunkan sesuai dengan arahan pemerintah pusat yaitu 14,0% pada 20204 ,"tukasnya.

Hj. Hesnidar Al-Haris dalam. Sambutanya mengatakan tidak hanya terjadi pada orang yang kaya maupun miskin akan namun bisa juga terjadi pada orang yang kaya atur pola asuh pola makan pola gizi dan lain sebagainya, "sebutnya.

×
Berita Terbaru Update