Notification

×

Iklan

Iklan

Warga Buru 20 Ribuan Ikan Pemda

Minggu, 23 Oktober 2022 | Minggu, Oktober 23, 2022 WIB Last Updated 2022-10-23T13:31:19Z


The Jambi Times, MUARASABAK | Sekitar seribuan lebih warga berbondong - bondong mendatangi taman Merakyat. Taman Pemkab Tanjung Jabung Timur yang terletak dalam komplek perkantoran. Mereka berburu beragam ikan di kolam-kolam Pemkab. 

Khusus hari ini Minggu 23 Oktober 2022, sejak pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB Pemkab memang mencabut larangan memancing di kawasan itu. Di hari - hari biasa, Pemkab melarang keras aktivitas memancing di semua kolam yang ada di areal perkantoran seluas lebih kurang 100 hektar itu. “Khusus hari ini, dalam rangkaian HUT ke-23 Kabupaten Tanjung Jabung Timur kita bebaskan siapapun memancing di sini dan hasilnya boleh dibawa pulang,” kata bupati Tanjabtim H Romi Hariyanto saat membuka secara resmi kegiatan itu tadi pagi. 

Dijelaskan Romi, kegiatan ini sebagai ungkapan syukur atas partisipasi masyarakat selama 23 tahun turut membangun bumi Sepucuk Nipah Serimpun Nibung. “Kami ingin warga hari ini bergembira sembari bersyukur bahwa kita sampai pada usia dua puluh tiga ini dengan sinergi yang baik, berbagai tantangan berhasil kita lalui terkhusus memghadapi covid-19 yang baru lalu,”tambahnya. 

Pemkab Tanjabtim memang sengaja menabur benih beragam ikan di kolam - kolam yang ada di Komplek perkantoran. Hal itu ditujukan untuk melengkapi keasrian kawasan itu. Kawasan perkantoran Pemkab Tanjabtim terkenal dengan keasriannya. Di sini masih terpelihara beragam pohon asli sebelum perkantoran itu dibangun. Di sekeliling kantor OPD rimbun oleh pohon - pohon besar. Selain melarang memancing di kolam Pemkab, di kawasan ini juga ada larangan menembak burung. 

Pemkab sedikitnya menyebar lebih dari 20 ribu benih. Ada nila, ikan mas dan patin. Belum lagi di kolam - kolam itu juga sudah cukup banyak ikan liar seperti gabus dan betok. Warga hanya diperbolehkan memancing pada dua moment saban tahunnya. HUT RI dan HUT Kabupaten. Selain itu, ada sanksi bagi yang melanggar. 

Ribuan warga tampak memadati setiap sisi kolam yang membentuk danau itu. Di sekitar TK Pembina yang paling banyak karena ko nilam ini yang paling luas. Warga tampak bersantai sambil membawa keluarga. Sepanjang sisi kolam - kolam ini juga sudah tersedia jogingtrack sepanjang lebih kurang dua kilometer. Sehingga warga cukup mudah mengakses kolam. 

Selain dibebaskan memancing, warga juga disuguhi beragam hiburan. Ada pula lomba sejumlah ketangkasan permainan tradisional. Lomba engrang, lari batok kelapa dan lomba makan kerupuk bagi anak - anak..

“Khusus memancing dengan doorprize, kita Start jam 08.00 sampai 12.00, kita menyediakan sejumlah hadiah bagi yang beruntung, namun warga tetap bisa lanjut memancing hingga pukul 18.00 tetapi tidak lagj kita lombakan,” Sapril, Sekda Tanjabtim selaku ketua panitia menjelaskan. 

Kegiatan itu juga diramaikan oleh pedagang lokal yang memanfaatkannya untuk berjualan di sekitar lokasi. Selain bupati dan Sekda juga tampak Wabup Robby Nahliyansyah serta sejumlah kepala OPD. Kegiatan ini juga mendapat pengamanan dari Polres Tanjabtim. 

Salah seorang pemancing, Susanto warga Talangbabat mengaku sangat senang ikut kegiatan ini. Dia berharap Pemkab bisa lebih sering membuka kolam untuk bisa dipancingi. Karena menurut Susanto selama ini tidak ada yang berani memancing di lokasi perkantoran. “Ada Pol PP yang patroli terus. Padahal ikan di sini banyak sekali, tapi kami berterima kasih Pemda hari ini membolehkan kita memancing di sini, alhamdulillah saya dapat tiga ekor, kira - kira totalnya hampir empat kilo lah,” kata Susanto sumringah.***
×
Berita Terbaru Update