Notification

×

Iklan

Iklan

Sekda Sapril Pimpin Apel Siaga Karhutla di Kecamatan Berbak

Minggu, 26 Februari 2023 | Minggu, Februari 26, 2023 WIB Last Updated 2023-02-26T07:40:04Z



The Jambi Times, MUARASABAK | Untuk mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan  melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPPD )  Pemerintah Kabupaten Tanjabtim menggelar apel siaga darurat karhutla yang mengambil tempat di Kantor Brigdal Karhutla Kecamatan Berbak pada Kamis, ( 23/2/23).

Apel siaga yang melibatkan semua unsur TNI-Polri, BPPD, Kemensos RI, Sat Pol-PP, Dishub, Damkar, Tagana, Manggala Agni dan Perusahaan swasta.

Sekda Tanjabtim Sapril, SIP bertindak selaku pemimpin apel siaga ,  perwira upacara Kompol Muklis Gea, SH,MH dari Polres Tanjabtim dan Danramil Muara Sabak Kapten Inf  Rudi C Marpaung menjadi Komandan upacara.

Dalam sambutannya Sekda Sapril, SIP yang mewakili Bupati Tanjabtim mengatakan bahwa " kebakaran hutan dan lahan pada umumnya merupakan bencana yang dapat menimbulkan kerugian dari berbagai sektor mulai dari ekonomi, pendidikan, kesehatan dan lain-lain. Untuk mencegah hal itu berbagai upaya telah kita lakukan diantaranya pembuatan embung air, kanal bloking di beberapa wilayah yang berpotensi tak terkecuali di lahan-lahan perusahaan perkebunan, " ujarnya.

Mengantisipasi, mencegah serta menanggulangi karhutla memang membutuhkan koordinasi yang lebih  intensif, koordinasi dan komunikasi yang telah terbangun dengan baik selama ini harus lebih di tingkatkan kembali, " lanjutnya.

Seterusnya Sekda menegaskan " pihak perusahaan perlu juga kami ingatkan agar segera melakukan pengecekan mulai dari peralatan sampai dengan personil yang sudah di pastikan lengkap dengan SDM terlatih. Presiden dalam instruksinya telah mengingatkan untuk mencabut izin perusahaan perkebunan yang lahannya terbakar, " tegasnya.

Pada kesempatan ini juga saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerjasama dan siap dalam upaya penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan serta bencana lainnya, sehingga upaya pencegahan resiko bencana di Kabupaten Tanjabtim dapat diatasi, " ungkapnya

Apel siaga karhutla ini di rangkai dalam satu kegiatan Hari Ulang Tahun Lahan Basah Sedunia 2023 yang dihadiri oleh Kadis Kehutanan Provinsi Jambi Ahmad Bestari SH,MH, Direktur Bina Pengelolaan dan Pemulihan Ekosistem ( BPPE ) Provinsi Jambi Dr Ammy Nurwaty,MM, Kepala Balai TN Berbak Sembilang Bobby Sandra, S,P M,Si. Kapolres, Kasdim, Asisten 1 Pemkab Tanjabtim, Kepala Bappeda Tanjabtim, Para Kapolsek dan Camat serta semua stake holder yang terlibat.
×
Berita Terbaru Update