Notification

×

Iklan

Iklan

Ekspose Lomba Desa dan Kelurahan Tanjabtim di Gelar

Rabu, 23 Maret 2022 | Rabu, Maret 23, 2022 WIB Last Updated 2022-03-23T07:56:57Z


The Jambi Times, MUARASABAK | Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur , melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Selasa (22/3/22)  menggelar Ekspose lomba Desa dan Kelurahan tahun 2022 tingkat Kabupaten. 

Kegiatan yang dilaksanakan di aula dinas PMD tersebut, diikuti Sembilan Desa dan 11 Kelurahan. Bagi peserta dari Desa maupun Kelurahan, diminta memaparkan keunggulan, inovasi, perkembangan penyelenggaraan pemerintahan pelayanan masyarakat serta potensi di wilayah masing - masing.

Lomba ini, juga merupakan kegiatan rutin tiap tahunnya. Dimana penyelenggaraan mengacu pada peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 81 tahun 2015 tentang perkembangan desa dan kelurahan. Sedangkan tujuannya adalah, guna mendorong perkembangan desa dan kelurahan menjadi lebih baik lagi.

Kepala Dinas PMD, Drs Berliyan menjelaskan bahwa, masing-masing Kepala Desa maupun Kelurahan harus mampu mempresentasikan keunggulan dan inovasi yang dimiliki. Baik dalam perkembangan penyelenggaraan pemerintahan terhadap pelayanan masyarakat  serta potensi wilayahnya masing-masing.

"Nanti akan ada tim penilai dari beberapa OPD tak hanya itu penilaian juga akan dilakukan dengan melakukan kroscek kelapangan," jelasnya. 
"Dan dalam lomba ini terdapat beberapa instrumen penilaian Tanjung Jabung Timur yang menjadi acuan Seperti pada sektor pendidikan  kebudayaan, pariwisata, kesehatan serta pemanfaatan teknologi informatika dalam mempublikasikan informasi desa maupun kelurahan," ungkapnya

Kemudian untuk juara lomba  akan ditetapkan berdasarkan hasil rekapitulasi tim penilai. "Sehingga didapat Satu juara yang akan mewakili Kabupaten Tanjung Jabung Timur untuk mengikuti lomba di tingkat Provinsi Jambi," pungkasnya
×
Berita Terbaru Update