Notification

×

Iklan

Iklan

Sekda Hadiri Sosialisasi Persiapan Penilaian Paritrana Award Se-Provinsi Jambi 2021

Senin, 15 November 2021 | Senin, November 15, 2021 WIB Last Updated 2021-11-15T12:40:15Z



The Jambi Times, JAMBI |Sekda Provinsi Jambi, Sudirman S.H., M.H menghadiri sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi Persiapan Penilaian Paritrana Award Se-Provinsi Jambi Tahun 2021, Senin (15/11), bertempat di Ruang Rapat Sekda Provinsi Jambi.

Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi, Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi, Kepala Kantor BPJS Cabang Jambi, dan pihak terkait lainnya.

Dalam kesempatan ini, Sekda Provinsi Jambi mengatakan jaminan sosial merupakan salah satu aspek penting peningkatan kesejahteraan bagi para pekerja. Jaminan sosial merupakan salah satu aspek penting dalam peningkatan kesejahteraan, oleh karena itu dalam hal ini negara telah menyusun landasan kebijakan dengan pembentukan Undang-undang No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan Undang-undang No. 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial yang meliputi BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

"Pemerintah telah berkomitmen untuk terus mendorong optimalisasi penyelenggaraan jaminan sosial, salah satunya dengan terbitnya PP No. 82 Tahun 2019 pengganti PP No. 44 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian yang mengalami kenaikan manfaat," ungkapnya.

Ia juga mengatakan Pemerintah Pusat juga mengajak seluruh Pemerintah Daerah untuk turut serta bersama-sama meningkatkan kesejahteraan Non Aparatur Sipil Negara, salah satunya dengan adanya Instruksi Presiden No. 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, serta Permendagri No. 27 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2022 dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 842.2./5193/SJ tentang Implementasi Pelaksanaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Pemerintah Daerah bahwa tenaga kerja dengan status Non Aparatur Sipil Negara wajib untuk menjadi peserta aktif Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan pada Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian.

"Pemerintah Provinsi Jambi telah mendorong dalam pelaksanaan program ini, berkaitan dengan penghargaan jaminan sosial ketenagakerjaan atau Panitrana Award, ini merupakan program yang di inisiasi oleh Kemenko PMK, Kemendagri, Kemenakertrans, dan BPJS Ketenagakerjaan dalam rangka memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah serta pelaku usaha  yang telah mendukung penuh implementasi jaminan sosial ketenagakerjaan," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, beliau mengatakan Pemerintah Provinsi Jambi terus mendorong Pemerintah Kabupaten/ Kota, seluruh OPD dan pihak swasta untuk mendukung terlaksananya program ini.

"Ini merupakan salah satu wujud keadilan Negara, selain itu kami juga menghimbau kepada Pemerintah Daerah untuk mengotimalkan cakupan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, melalui produk-produk hukum untuk memberikan perluasan keikutsertaan di wilayah masing-masing, tentunya ini sejalan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021," tutupnya.(Dandy/Foto: Patra)


 

×
Berita Terbaru Update