Notification

×

Iklan

Iklan

Polairud Gelar Pelatihan Sertifikasi Selam

Sabtu, 30 Oktober 2021 | Sabtu, Oktober 30, 2021 WIB Last Updated 2021-10-30T15:12:54Z



The Jambi Times, PONTIANAK | Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda kalbar melaksankan pelatihan dan sertifikasi selam (One star Scuba Diver Certification) di Pulau Lemukutan kalbar. Sabtu (10/30/2021).

Kegiatan pelatihan dan sertifikasi selam ini merupakan program untuk mendapatkan sertifikat keahlian dalam bidang selam untuk level pemula yang mana para peserta diwajibkan untuk melaksankan tes kesehatan terlebih dahulu.

Kegiatan pertama yakni pemberian materi pengetahuan penyelaman, pengenalan alat selam, fisik penyelaman, aspek medis penyelaman, biota berbahaya dan tabel penyelaman yang dilaksankan dimako Ditpolairud Polda Kalbar.

Kegiatan kedua LKK (Latihan Keterampilan Kolam) latihan keterampilan kolam ini dilakukan untuk melatih kemampuan dasar menyelam serta diajarkan untuk beradaptasi dengan alat-alat selam serta cara mengoprasikan pada saat digunakan sebelum dan sesudah pada waktu menyelam di kolam renang Tirta Ria Pontianak , Kalbar.

Kegiatan ketiga Latihan Perairan Terbuka (LPT) latihan perairan terbuka ini melanjutkan rangkaian materi dan praktek dari latihan keterampilan kolam yang dilaksanakan di Pulau Lemukutan Kabupaten Bengkayang Provinsi Kalbar.

Kegiatan pelatihan dan sertifikasi ini dilaksanakan bertahap Selama 6 hari, dimulai dari 19 Oktober 2021 sampai 22 Oktober 2021 bertempat di Pontianak kemudian dari  29 Oktober 2021 sampai 31 Oktober 2021 bertempat di Pulau Lemukutan dengan jumlah peserta sebanyak 32 orang yang terdiri dari 30 personil Dipolairud Polda Kalbar, 1 personil Brimob Polda Kalbar dan 1 personil Dit Sabhara Polda Kalbar dan selaku instruktur pelatihan melibatkan Ketua Pengprov POSSI Kalbar Instruktur B1,Irwan Dirgantara Instruktur B2 beserta tim.

Dirpolairud Polda Kalbar Kombespol Bwnyamin Sapta dalam pembukaan pelatihan dan sertifikasi menyampaikan arahan dari Kapolda, "tugas dan tanggung jawab kita sebagai anggota Polri yang presisi kedepannya semakin besar khususnya Ditpolairud Polda Kalbar yang dituntut untuk dapat mengamankan wilayah hukum perairan Polda Kalbar, bukan hanya kegiatan penegakan hukum yang dikedepankan namun kegiatan sosial seperti bantuan SAR , pencarian korban tenggelam , laka air dan antisipasi bencana alam harus dapat dilaksanakan.

“Tetap semangat dan selamat berlatih tetap perhatikan prokes , prosedur keamanan dan keselamatan menjadi hal yang diutamakan,” ujar Kombespol Benyamin Sapta  selaku Dirpolairud Polda Kalbar.(**)

 


×
Berita Terbaru Update