Notification

×

Iklan

Iklan

Mencegah Terjadinya Tindakan Iilegal, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Lakukan Kegiatan Sweeping Di Wilayah Perbatasan

Rabu, 13 Oktober 2021 | Rabu, Oktober 13, 2021 WIB Last Updated 2021-10-13T07:51:28Z



The Jambi Times, KALBAR |  Dalam upaya pencegahan Tindakan Illegal seperti pelintas batas illegal, peredaran barang illegal (narkoba, miras, dll), Satgas Pamtas Yonif  Mekanis 643/Wns Pos koki Sei Daun secara rutin melakukan sweeping  di jalan trans Kalimantan yang melewati Desa Malenggang, Kec. Sekayam, Kab. Sanggau.

Hal ini dikatakan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kab, Sanggau. Rabu (13/10/2021).

Dansatgas mengatakan kegiatan sweeping perlu rutin dilakukan selain memastikan situasi tetap aman juga mencegah adanya barang atau orang yang akan melintas tidak menggunakan dokumen yang lengkap ataupun tidak sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

"Satgas Yonif Mekanis 643/Wns akan terus melakukan kegiatan-kegiatan patroli maupun sweeping di jalan-jalan yang diwaspadai menjadi sarana terjadinya tindakan illegal yang dalam pelaksanaannya dilakukan dengan sikap humanis demi terwujudnya kemanunggalan TNI-Rakyat," pungkas Dansatgas.

Seperti diketahui bahwa daerah perbatasan sering dimanfaatkan oleh pelaku penyelundupan dalam mencari keuntungan pribadi. "Untuk mengelabui petugas mereka sering memanfaatkan jalur tidak resmi yang ada di desa-desa untuk menghindari pemeriksaan kelengkapan dokumen perlintasan batas Negara,” tambahnya.

Di tempat terpisah Dan SSK III Sungai Daun, Lettu Inf Restu mengatakan Sweeping yang dilakukan diantaranya dengan memeriksa kelengkapan identitas pengendara dan surat kendaraan serta dokumen-dokumen resmi terhadap kendaraan yang memuat barang.

"Sasarannya adalah barang-barang yang patut diduga ilegal/terlarang atau yang akan diselundupkan ke negara sebelah. Tujuan dari dilaksanakan sweeping juga bermaksud agar masyarakat dapat melaksanakan peraturan yang berlaku dengan baik, dan pemeriksaan dilakukan kepada seluruh kendaraan yang melintas melewati jalan perbatasan." Jelasnya (Pen Satgas Pamtas 643).


 

×
Berita Terbaru Update