Notification

×

Iklan

Iklan

Buka Rakor TP PKK dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Sekda Minta Sinergi Ditingkatkan

Kamis, 28 Oktober 2021 | Kamis, Oktober 28, 2021 WIB Last Updated 2021-10-27T23:32:43Z



The Jambi Times, JAMBI | Sekda Provinsi Jambi, H.Sudirman,S.H,M.H membuka Rapat Koordinasi Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (Rakor TP PKK) Provinsi Jambi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Provinsi Jambi. Ia meminta agar sinergi antar TP PKK dengan Dinas ini semakin ditingkatkan. Hadir Wakil Ketua II TP PKK Provinsi Jambi Hj.Iin Kurniasih, bersama jajarannya dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Provinsi Jambi  Dra. Lutpiah beserta jajarannya.

“Terima kasih kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Provinsi Jambi beserta jajaran yang telah bersinergi dengan TP PKK Provinsi Jambi untuk melaksanakan Rakor ini. Rakor ini merupakan upaya memaduserasikan (mensinergikan) program TP PKK Provinsi Jambi dengan program dan kegiatan Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, dengan tujuan peningkatan kinerja PKK, dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan program TP PKK Provinsi Jambi. Saya berharap agar sinergi ini dipertahankan bahkan ditingkatkan,” ungkap Sekda di ruang Pola Kantor Gubernur Jambi, Rabu (27/10).

Menurut Sekda, gerakan 
Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga sangat penting dalam memperkuat peran keluarga. Peran keluarga dalam pemberdayaan dan kesejahteraan harus terus diperkuat, sehingga berdampak positif terhadap pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat dan daerah, karena keluarga merupakan unit sosial terkecil. Keluarga-keluarga yang berkualitas akan berakumulasi menjadi masyarakat yang berkualitas.

“Sesuai dengan kondisi sekarang kita menghadapi Pandemi Covid-19, maka PKK harus berperan aktif dalam menekan dan memutus penularan Covid-19, yakni dengan melaksanakan Protokol Kesehatan. Selain itu, PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) harus terus dilaksanakan, bukan hanya untuk menyikapi Covid-19, tetapi untuk seluruh penyakit. Juga sangat penting untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, tidak harus makanan mewah, bisa saja makanan sederhana tetapi gizinya tercukupi. Dan peran para Ibu kader PKK sangat penting dalam hal ini,” ujarnya saat memberi pesan kepada kader PKK.

Sekda juga minta agar anak-anak diasuh sebaik-baiknya sejak di dalam kandungan dan mendidik anak dengan baik sedini mungkin, harus didasarkan dengan nilai-nilai agama, sebagai upaya untuk membangun karakter dan akhlak. “ Secara khusus, dalam pemanfaatan smart phone (hand phone) oleh anak, pengawasan dan arahan orangtua sangat penting. Saat ini, penggunaan smart phone tidak terelakkan lagi, sesuai dengan kondisi era digital dengan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi, apalagi dengan pembelajaran secara online yang berlangsung cukup lama, sekitar satu setengah tahun. Tetapi, jangan sampai kemudian anak-anak kita terdampak dengan dampak negatif penggunaan smart phone dan jangan sampai ketergantungan dengan hand phone,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hj.Hesti Haris, SE saat menutup acara Rakor  menyampaikan bahwa Rapat Koordinasi ini bertujuan untuk memperkuat sinkronisasi program antara OPD lingkup Pemerintah Provinsi Jambi dengan TP PKK, memperkuat kemitraan dan sinergitas dalam mewujudkan Visi Gubernur Jambi menuju Jambi Mantap tahun 2024.
"Perlu kami sampaikan bahwa TP PKK Provinsi Jambi memiliki program prioritas dan percepatan penurunan stunting melalui revitalisasi Posyandu, revitalisasi dasawisma sebagai upaya penguatan ketahanan keluarga dalam menjalani masa pendemi, serta pencegahan dan penanganan covid 19. Percepatan penurunan angka kematian ibu dan angka kematian balita pembangunan aplikasi dasawisma dan website PKK dalam kerjasama dengan Dinas Kominfo Provinsi Jambi sebagai upaya memperoleh data yang akurat dan tepat waktu dari sumber terkecil yaitu Dasawisma,” jelasnya.

Dilaporkan oleh Hj. Hesti Haris bahwa dengan semakin membaiknya kondisi pandemi covid 19, TP PKK Provinsi Jambi telah melaksanakan kunjungan kerja ke seluruh Kabupaten Kota se Provinsi Jambi rangka sosialisasi hasil Rakernas PKK tahun 2021, memperkenalkan aplikasi Dasa Wisma dan sekaligus membantu masyarakat menghadapi pandemi covid 19,” ungkapnya.(Maria/Foto: Agus Supriyanto, Kamerawan: Said Usman).


 

×
Berita Terbaru Update